Oleh: mariarina | Juli 30, 2008

anthurium kuping gajah

kuping gajah merupakan sebutan lokal yang umum untuk menunjukkan anthurium jenis ini. corak daun terbentuk dari tulang-tulang daun yang umumnya berwarna lebih muda. perkembangbiakan sangat mudah karena biji sering berbuah dan matang. Selain itu stek batang dapat dilakukan dan tidak membutuhkan perawatan khusus, bahkan bisa dilakukan penanaman dalam media tanah biasa.



ANTHURIUM CRYSTALINUM

anthurium crystalinumanthurium crystallinumspesies kuping gajah jenis ini umum dan paling banyak dijumpai di indonesia sebagai tanaman penghias rumah. rumah dengan tanaman ini memberikan kesan klasik dan homey. pembiakan yang umum dilakukan adalah stek batang.



http://www.aroid.org/genera/Anthurium/cardiolonchium/crystallinum.htm
http://www.wschowa.com/abrimaal/araceum/anthurium/crystallinum.htm
http://commons.wikimedia.org/wiki/Category:Anthurium_crystallinum



ANTHURIUM CLARINERVIUM

anthurium clarinerviumanthurium clarinerviummemiliki dimensi daun maksimal terkecil dibanding jenis lainnya dan pertumbuhan lambat. clarinervium unggul dalam ketebalan daunnya. corak terbentuk dari alur tulang daun yang berwarna keputihan dengan warna cenderung melebar keluar tulang daun. jadi perbandingan dengan dimensi daun, maka alur putih terlihat paling dominan. di belanda, ada sebuah perusahaan yang mengembangbiakkan anthurium ini secara besar-besaran.

http://www.aroid.org/genera/Anthurium/cardiolonchium/clarin.html
http://www.kallus.com/aroids/anthurium/anthclar.htm



ANTHURIUM NIKKI

anthurium nikkiwarna daun hijau kekuning-kuningan dengan dimensi yang cenderung besar. secara menyeluruh, daun terlihat lemas. dari batang utama seringkali muncul anakan baru sehingga berkesan merumpun.

http://www.aroid.org/gallery/mukundan/Anthurium_nikki.jpg






ANTHURIUM PAPILLILAMINUM

anthurium papillilaminumwarna daun hijau tua. tulang daun pada anthurium ini termasuk yang paling tidak tegas sehingga corak yang terbentuk pada lembar daunpun terkesan samar-samar.

http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_papillilaminum.asp
http://www.aroid.org/TAP/species/anthpapill.html
http://www.aroid.org/genera/Anthurium/cardiolonchium/papillilaminum.htm
http://www.alsgh.com/phtml/165page.html
http://www.discoverlife.org/mp/20q?search=Anthurium+papillilaminum



ANTHURIUM REGALE

anthurium regaleregale merupakan anthurium kuping gajah yang sosoknya paling kokoh. menurut saya, corak yang terbentuk dari alur tulang daun pada anthurium regale adalah yang terbagus dan terunik dibanding jenis anthurium kuping gajah lainnya. jenis corak ada banyak variasi, sehingga kemudian muncul banyak nama-nama regale yang digolongkan menurut coraknya. karakter daun akan semakin bagus terlihat pada daun yang sudah besar. daun regale dapat mencapai dimensi maksimal sangat besar/huge sampai dengan panjang daun 2m. saya mendapatkan spesies ini dari amerika serikat dan amerika selatan.

http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_regale.asp
http://www.exoticrainforest.com/Anthurium%20regale%20pc.html



ANTHURIUM ACE OF SPADES

anthurium ace of spades 1anthurium ace of spades 2pada pembelian pertama kali, ace of spades yang saya dapatkan adalah jenis kuping gajah dengan warna daun kehitaman. karena keunikannya inilah, maka kemudian saya berniat untuk membelinya lagi. tetapi yang saya terima di pembelian kedua ini tidak selegam sebelumnya dengan perkembangan dimensi daun yang cenderung lebih cepat. kemungkinan hal ini terjadi karena pembiakan dari biji, sehingga anakan tidak selalu identik dengan induknya.
untuk jenis daun yang berwarna kehitaman, dapat dijadikan sebagai bahan indukan persilangan sehingga diharapkan akan mewariskan sifat hitam dan coraknya [maunya sih….].

Responses

  1. Gak ada tampilan gambarnya, Mbak? Apakah ini kuping gajah yang biasa ditanam di rumah-rumah, atau muncul kuping gajah yang lain dengan harga yang sangat mahal?

    ada sih pak photonya, cuma saja kabel datanya lagi cuti kabur he.. he.. mudahan cepet balik.
    terima-kasih atas kunjungannya. untuk anthurium jenis ini sih harganya relatif terjangkau kok.

  2. waww…cantikk seperti bunga…gyud lakk, Mbak…

    terima-kasih banyak…
    GBU

  3. saya juga termasuk suka kuping gajah mbak warisan dari orangtua, dan beberapa waktu kalo ada pameran saya juga beli anakan kuping gajah yang katanya hasil silangan dengan kerabatnya. sekarang masih remaja dan untuk yg hasil silangan agak susah rawatnya ya mbak, nanti aku kirim deh foto2nya, salam

    wach peninggalan tak ternilai tuch pak. titipan “nyawa” harus dirawat sebaik-baiknya.
    memang susah-susah gampang pak. tidak semua yang dirawat akan tumbuh baik. tapi biasanya yang dirawat dengan “hati” akan berkembang lebih subur.
    saya tunggu foto-fotonya, mudah-mudahan ada yang cuantik buat saya he.. he..
    salam kembali…

  4. Wah, baru tahu kalau kuping gajah adalah keluarga anthurium juga. Maklum, saya bukan kolektor tanaman mahal (maunya yang murah-murah, kalau yang mahal mah nunggu dikasih orang aja … hehe).
    Salam manis buat Mbak Rina yang cantik …

    iya mba’, termasuk keluarga anthurium juga.
    mauuuuu juga donk dikasih.
    salam cantik juga buat mba’ tuti yang manis…

  5. maaf mbak mau tanya, saya liat di setiap gambar anthurium selalu selalu ada lighter atau korek api gas, manfaat atau fungsinya apa ya mbak buat tanaman ? saya juga punya beberapa kuping gajah. terima kasih mbak rina

    skalian promo jualan korek api juga sih.
    maksud menyertakan korek api: sebagai pembanding ukuran taneman…
    boleh share photo kuping gajahnya dong pak.
    banyak terima-kasih atas kunjungannya

  6. ada bibit kecil-kecil yang harganya terjangkau buat pelajar kayak saya ndak bu rina ? hehehehe.

    ooo… ada-ada. banyak kok…
    pengin bibit apaan?

  7. bu…..kalo anthurium peltigerum sama luxuriens x dressleri ada yang bibitannya ga…..????harganya jgn mahal2 ya bu……..
    hhe………

    waduh maaf…
    klo yang jenis itu belum ada bibitannya…
    saya juga punyanya cuma beberapa he.. he..
    kapan2 klo ada yach, saya kabari…
    tenkiu…

    ooooke………

  8. Mbak,saya tertarik sekali dengan jenis Regale dan ace of spades, selain bagus juga saya belum punya dan di POntianak kayanya gak ada. Gimana caranya kalo saya mau dapatkan bibitnya dari Mbak ya…

    saya masih berusaha membiakkan melalui stek batang. ke depan klo udah berhasil & sehat, akan saya infokan.
    tanaman tsb saat ini belum ada bibitnya…
    senang berkenalan dengan sesama pecinta tanaman…

  9. Gimana niy nasib Anthorium…??? Bagaimana dengan Jemanii, WoL, Hockeri juga…??? Ada info market nggak…?

    Salam kenal.

    salam kenal juga…
    anthur stag, hanya penghobby tulen yang masih berkeliaran he.. he..
    waduuuh, mari kita cari market sama2…

  10. YMnya bu rina apa?
    kalo nicknya mariarina berati dudah sayah ett

    rumah kakek saya juga di banyumanik,
    kira2 rentang harganya berapa ya??
    pengen banget ni jenis2 daun kerut

    thanxs

    iya tuuul mariarina… di banyumanik.
    mampirlah… harga murah & murah sekali he.. he..
    dari 200rb ke atas…

    thank’s…

  11. bu bisa minta list pricenya?
    untuk jenis superbum & reflexinervium, black marie juga .
    nuwun…

    ok pak… by email ya…
    makasiiiih.

    • Bu ,minta price list macam2 kuping gajah,mau beli yg bibitan.minta alamat,cara belinya, email
      kan saja pd hansoediro@gmail.com

  12. Tanya dong…
    Saya punya pohon kuping gajah, pertama saya beli daunnya banyak dan bagus, trs knp lama2 malah layu dan menguning ya ?
    Setiap hari saya siram, dan cukup terkena sinar matahari.
    Apakah ada cara yg lebih baik lagi agar pohon kuping gajah saya bisa tumbuh sehat ?
    Terima kasih.

    kuping gajah mrpk jenis anthurium yg relatif mudah pemeliharaan & pengembakbiakannya…
    bisa saja terkena penyakit atau mgkn perlu diganti dg media baru ya… utk kuping gajah lokal yg banyak ditemui di indonesia, penanaman menggunakan media tanah biasa masih memperlihatkan pertumbuhan yang baik.
    utk awalnya, spy tidak kaget, sebaiknya panas matahari jangan dikenakan langsung drastis, tp secara perlahan…

  13. Bagaimana cara merawat kuping gajah yang baik, agar tumbuh sehat?

    udah dijawab di atas yach… makasih.

  14. Mgkn gr2 ksringn kna snr mthri kle jd kung n rntok. Cr mrwtx gmpg z ko. Ckp srm 2X shri. Klo mo sbur tnm d tnh htm yg sbur. Trs spy bsr tnm d pot besr/embr.

    h3.. h3.. tq nfo ny. ptut dicb. :)

  15. sekalian jualan korek tuh… foto… tp… manfaat buat obat pada tanaman kuping gajah ada ngk….???

    ha.. ha.. tuh korek bonusnya…
    setahu saya manfaatnya, cuma buat adem mata & adem ati aja…

  16. Saya ingin punya ANTHURIUM REGALE, kalo ada harganya berapa?? (terima Bandung..)

    thx

    ada pak… tp kondisi masih blm bagus bener

  17. apa sih manfaat kuping gajah???

    kalau yang dimaksud manfaat adalah untuk kesehatan tidak ada mba’… untuk hobby saja, baik menjaga hati adem & kesegaran mata hehehe…

  18. wow… cantik2 banget, saya pendatang baru pencinta tanaman hias ni mba, jadi pengen belajar banyak buat dunia pertanaman hias, thanks ud mau sharing mba, ditunggu info2 lainnya ;)

    terimakasih kembali…
    sayang sekarang udah banyak tersita kesibukan lain jg, jd kurang fokus di tanemannya :(

  19. Mba Mariarina, kalo boleh minta alamat emailnya dong, saya penggemar tanaman hias, khususnya kuping gajah, sy ingin menambah pengetahuan ttg perawatan tanaman ini, dirumah saya punya Crystallum and magnificum. Trims…

    email: rina_anthury@hotmail.com
    terima-kasih kembali…

  20. apa saja kegunaan dari tanaman kuping gajah?
    dan bagaimana cara pemakaiannya?

    yang saya tahu, sebatas sebagai tanaman hias pak :D

  21. saya penggemar tanaman hias juga… kalo bisa tampilkan foto kuping gajah dengan media langsung di tanah… karena sangat langka.

    menurut pengalaman saya, di media tanah, pertumbuhan kuping gajah lebih menggila pak…

  22. Mbak saya punya kuping gajah jenisnya berbeda dengan yang lain, tidak sperti kuping gajah lainnya, daunnya tebal dau warna atas hijau belakang coklat, daunnya
    seperti bergerigi. Mohon pencerahan jenis kuping gajah tersebut.

    wach bagus sekali ya pak… kalau ada photonya, mungkin bisa lebih membantu.

  23. bagaimana cara merawat tanaman kuping gajah ya? yang saya punya kok daunnya terlihat tidak sehat, terutama di bagian pinggir. tanaman tersebut saya peroleh dari saudara sekitar 1 bulan yang lalu.

    kuping gajah tidak tahan terhadap paparan matahari langsung pak, terutama yang baru ganti media. perlu asupan pupuk juga…

  24. Awalnya saya punya banyak pohon kuping gajah tumbuh subur dan bagus disekitar halaman rumah (ditanah bukan dalam pot). Karena kebanyakan sampai saya buangin sebagian atau dikasihkan siapa saja yang mau. Tapi kira2 setahun lalu daunnya mulai terserang penyakit. Daunnya mengering dari membusuk merembet mulai dari pinggir terutama daun muda. Lama2 pohon hanya tinggal bonggolnya saja pucuk daun yang keluar jarang yang sampai besar
    Saya mau nanya kira2 penyakit apa ya dan bagaimana cara menanggulanginya
    Terima kasih banyak atas bantuannya.

    aduh sayang banget ya pak. mungkin terkena jamur ya? apakah akarnya sudah diperiksa? di toko pertanian banyak dijual obat pemberantas jamur dengan aplikasi yang berbeda-beda. dibaca saja petunjuk pemakaiannya.

  25. untuk jenis ANTHURIUM ACE OF SPADES, bagaimana perawatannya?
    terima kasih.

    perawatan relatif sama dengan jenis anthurium gajah lainnya.

  26. mbak, saya sangat ingin dapatkan bibit kuping gajah ini. saya stay di pekanbaru. sudah beberapa tempat penjualan bunga saya datangi, tp gak ada kuping gajahnya. terima kasih mbak

  27. Slm Alaikum,dan slm kenal….
    Gini mbak Sy sgt senang dgn Anthurium,Sy ingin dptkn bibit kuping gajah (Anthurium Regale dan anthurium Ace of Spades) gimn cara mendptkn bibitnya

  28. mbak..ada jual bibit aneka kuping gajah gak?? krim ke email ya harganya.mkasih

  29. Apa ada bibitnya mbak,dan brp hrgnya.mks

  30. Slm knl.sejak sy bc di tabloid anthurium br sekarang dpt info.mohon dikirim price list bibitan semua jns kuping gajah krn didenpasar susah nyarinya.trimakasih

  31. say ada anthu superboom sudah dewasa, hanya daunnya bolong satu, klw ada yg mau bisa dinegosiasikan…

  32. pengen refledinervium, berapa harganya

  33. Rental tanaman hias kuping gajah exclusive

  34. salam kenal ,tolong dikirim tanaman kuping gajah berapa biayanya dan kalau mbak bisa menulis artikel tentang kuping gajah


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

