Oleh: mariarina | Mei 6, 2008

anthurium berdaun kerut

ANTHURIUM OXYCARPUM

anthurium oxycarpumdi indonesia, anthurium yang bernilai jual tinggi adalah anthurium yang berdaun tebal. walaupun berkesan tebal, tetapi sebenarnya anthurium oxycarpum tidak termasuk dalam golongan ini. kesan tebal timbul karena kerutan yang ada di permukaan daun. karakter daun sangat unik dan tidak dijumpai pada jenis anthurium lainnya. antar pangkal batang daun satu dengan lainnya tidak rapat, tetapi ada jarak.

spesies oxycarpum ini bukan merupakan anthurium asli indonesia, saya mendapatkannya dari ecuador. awal mendapatkannya, daun sangat tipis dan kerutan tidak begitu kentara, tetapi setelah mampu beradaptasi beberapa lama dengan iklim indonesia [di semarang tempat saya pelihara maksudnya…], kerutan semakin nyata dan dengan daun yang semakin menebal.

http://dscherberich.free.fr/MONTET/anthoxycarpum.html
http://www.aroid.org/TAP/species/anthoxycarp.html
http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_oxycarpum/default.asp



ANTHURIUM SUPERBUM

anthurium superbum anthurium superbum superbum seedling


berdasarkan pengalaman selama ini, anthurium superbum sangat mudah menyesuaikan diri dengan iklim indonesia. tingkat keberhasilan pertumbuhan seedling superbum sangat baik dan sehat. meskipun demikian, upaya menumbuhkan superbum dari biji terlalu berisiko karena awalnya diameter batang tanaman sangat kecil [serambut banget…]. dengan perbandingan batang yang relatif panjang sehingga rentan patah. biji saya dapatkan dari australia dan amerika selatan, dengan pemesanan 6 bulan sampai 1 tahun sebelumnya [ya ampuuun! sabaaar ya nak…..]

anthurium superbum mempunyai ciri khusus yaitu bentuk daun yang memanjang ke atas dan semakin mengecil kemudian pada ujung daun akan melengkung [tidak meruncing]. di sepanjang daun terdapat kerutan yang khas dan tidak terlalu tajam. jenis ini dapat mudah dikenali sejak panjang daun sekitar 1cm.

subspecies superbum ada 2 macam yaitu:
~ subsp superbum: warna daunnya murni hijau.
~ subsp brentberlinii: daun kecoklatan, kemerahan atau keunguan.

saat ini mulai banyak beredar superbum hasil kultur jaringan dan infonya berasal dari thailand. superbum seedling saya dapatkan dari peru dan amerika serikat.

http://www.aroid.org/TAP/species/anthsuper.html
http://mobot.mobot.org/cgi-bin/search_vast?name=Anthurium%20superbum



ANTHURIUM VEITCHII

veitchii termasuk jenis anthurium berbatang panjang dengan daun panjang menjuntai ke bawah. ripple sangat indah dan terlihat mendominasi karakter daun. kerutan ini makin nyata dan indah seiring perkembangan umur dan dimensi daun.
pertumbuhan veitchii akan sangat baik jika di daerah dingin. hasil coba-coba beberapa waktu lalu memperlihatkan hasil yang sungguh di luar perkiraan, yaitu: veitchii yang saya pelihara di daerah ungaran semarang [daerah lebih tinggi dan dingin] menunjukkan perkembangan dimensi daun sampai dengan 3 kali dari tanaman yang dipelihara di daerah banyumanik semarang [termasuk daerah atasnya semarang juga, tetapi lebih rendah dari ungaran].
anthurium jenis ini saya peroleh dari florida amerika.

veitchii mendapat sebutan dari international aroid associate sebagai the king of anthurium, rajanya anthurium, jadi jangan menyebut diri sebagai seorang kolektor anthurium jika belum memiliki jenis ini.

http://www.aroid.org/TAP/species/anthveitch.html



ANTHURIUM VEITCHII X ANTIOQUINENSE

anthurium veitchii x antioquinenseanthurium ini saya peroleh dari seorang ilmuwan di amerika yang kebetulan berhobby membudidayakan tanaman. kerutan daunnya merupakan karakter yang diturunkan dari induknya anthurium veitchii tetapi kerutan daun lebih flat dan lebih teratur. sementara itu, anthurium antioquinense menyumbang pada ciri bentuk daun yang lebar dan meruncing di ujungnya. keindahan akan lebih dapat dinikmati apabila dalam 1 media pot ditaman beberapa tanaman [rumpun]. sosok bunga berwarna putih pada spadiks dan kelopak bunga mengingatkan pada anthurium bunga [anthurium andraeanum].

http://www.aroid.org/TAP/species/anthveitch.html
http://www.selby.org/clientuploads/research/Epiphytes/Araceae_Anthurium_antioquiense.jpg


Responses

  1. hi, salam kenal namaku putut dari kebumen, aku mau memperkenalkan tanamanku yaitu SIRIH RAJA atau Peperomia angulata, kalo pingin lihat kunjungi aku ya, tanamanku unik,jenis daun tebal dan masih langka.

    salam kenal juga…
    ok.. ok.. sirih rajanya siip…

  2. saya naksir reflexi-nya, tapi bnamvpakbnya vmasih mvahal ya ? n ikut pameran banteng gak ? kl ikut kasih tau bno. standnya ya. tks.

    itu taneman kesukaan saya jg. msh lumayan berharga dibanding teman2nya… 1jt keatas.
    seumur2 blm pernah ikut pameran he.. he.. tenkiuuu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: