Oleh: mariarina | Juli 29, 2008

anthurium sirih

pengkategorian beberapa anthurium ke dalam jenis anthurium sirih hanya berdasarkan pengamatan yang umum terjadi [negara bebas! ~ atau ngawur?]. penggolongan ini lebih disebabkan karena sosok daun sekilas mirip dengan daun sirih. beberapa masih spesies asli dan anthurium lainnya sudah merupakan hasil persilangan [hybrid].



ANTHURIUM RADICANS

anthurium radicansanthurium radicansspesies ini termasuk dalam climbing anthurium [merambat]. tanaman ini saya dapatkan sekitar 5 tahun yang lalu di semarang saja. di beberapa negara, radicans sering dipakai sebagai bahan indukan proses persilangan. hasil silangannya dengan spesies anthurium lainnya dapat menghasilkan anthurium hybrid jenis bukan merambat. ciri khas/karakter dominan yang diharapkan dapat diturunkan pada tanaman hasil persilangan adalah kerut daun.

karena jenis anthurium merambat kurang disukai disini, walaupun termasuk sulit dijumpai, harga radicans tidak bisa menyamai bahkan jauh di bawah harga jenis anthurium yang tidak merambat lainnya. radicans juga sering dijadikan untuk menipu pembeli dengan mengakuinya sebagai anthurium sirih tidak merambat sehingga harga jual akan terangkat. bagi yang belum berpengalaman, akan sulit membedakannya, apalagi biasanya penipuan dilakukan dengan cara memotong/split batang tanaman menjadi pendek-pendek dan disisakan hanya 1-3 daun saja untuk menyamarkan karakter merambatnya.


http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_ radicans.asp
http://www.alsgh.com/phtml/509page.html



ANTHURIUM LUXURIANS

anthurium luxuriensanthurium luxurienskelambatan dan kesulitan dalam memacu pertumbuhannya, justru menjadikan tantangan sehingga spesies ini merupakan jenis anthurium sirih yang sangat saya sukai. karakter gelombang/kerut yang tidak teratur dan merata di seluruh permukaan daunnya sangat dominan dan lebih kuat dibanding jenis anthurium sirih lainnya. kerutan akan semakin liar seiring makin besarnya dimensi daun. selain dimensi maksimum daun yang akan mencapai ukuran terbesar, luxurians juga memiliki tebal daun yang lebih dibanding anthurium jenis lainnya. sampai saat ini, masih sangat jarang dijumpai di indonesia. menurut para grower dan seller dimana saya mendapatkan anthurium ini, bahkan di amrik pun [daerah asal luxuriens], pengembangbiakannya sangat sulit.


http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_luxurians.asp
http://www.alsgh.com/phtml/162page.html



ANTHURIUM RADICANS X DRESSLERII

anthurium radicans x dressleriimerupakan hasil persilangan antara anthurium radicans dengan anthurium dresslerii. tanaman yang dihasilkan termasuk jenis tidak merambat. walaupun masih beredar terbatas, tetapi merupakan jenis yang paling populer dan banyak beredar di indonesia. tingkat pemeliharaannya sangat mudah dengan pertumbuhan dimensi lebih cepat dibanding jenis lainnya. kerutan daunnya dapat mulai terlihat sejak tanaman masih kecil dan semakin terlihat sangat indah dengan makin besarnya daun. seringkali dijumpai beberapa tanaman yang proses reproduksi anakan [bukan dari biji] sangat cepat, sehingga menghasilkan tanaman rumpun.


http://www.alsgh.com/serveimage.php?key=64
http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_ radicans.asp
http://www.alsgh.com/phtml/509page.html
http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_dressleri.asp
http://www.alsgh.com/phtml/154page.html



ANTHURIUM LUXURIANS X DRESSLERII

anthurium luxurieens x dressleriianthurium luxuriens x dressleriitanaman ini saya peroleh secara tidak sengaja dan diakukan oleh sellernya sebagai hasil silangan antara anthurium luxurians x dresslerii [amien3… mudah2an bener yaks…]. karena menyukai sosoknya, saya berkeinginan untuk dapat memiliki beberapa tanaman lagi. dalam usaha hunting mencarinya, seringkali menerima jawaban dari para grower dan seller sbb: “di seluruh dunia, saya rasa kamu tidak akan menemui anthurium hasil persilangan tersebut” [nah lho! jadi… silangan anthurium apakah ini?]

anthurium luxurians x dressleriianthurium seperti terlihat di samping, saya peroleh sebagai silangan luxuriens x dresslerii juga. padahal, secara sekilaspun dapat dilihat bahwa karakter daun tanaman ini berbeda dengan gambar sebelumnya [gambar di atas]. perbedaan mencolok adalah: daun lebih tipis, berwarna lebih hitam dan mengkilat, kerutan tidak serapat sebelumnya/lebih jarang, ujung daun meruncing. yach… dianggap saja indukannya sudah membawa sifat genetik yang lain…

ciri khas lainnya: sepanjang tepi daun terdapat list hitam yang jelas. [tanaman berdaun list hitam pada masa booming anthurium lalu memiliki nilai jual sangat tinggi… bahkan saking ngototnya, untuk melihat/menunjukkan tanaman berunsur hitam, para pemburu anthurium tidak pernah terlupa membawa senter kemana-mana. he… he…]



http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_luxurians.asp
http://www.alsgh.com/phtml/162page.html
http://zipcodezoo.com/Plants/A/Anthurium_dressleri.asp
http://www.alsgh.com/phtml/154page.html



Responses

  1. pasar minyak sirih di sumatra di mana?

    waduh maaf pak, klo minyaknya saya kurang tau…

  2. salam..

    saat ini saya menjual CD cara berkebun anthurium yang benar, hanya dengan harga 60 ribu/CD (sdh msk ongkos krm). CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.

    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    terima-kasih kembali

  3. bagus tolong nama latin nya di kasih terjemhan nya donk… saya cari spesifikasi dari sirih hitam… thanks…

    waduh paaak, ga berani nerjemahin nama latinnya. nanti malah jadi kacau balauw hehehe…
    maksudnya anthurium sirih?
    terima-kasih kembali…

  4. koleksi sirihmu antik jg. saya udh punya 12 macam sirih, tapi kyanya sirih anturium blum pnya. sayang bgt, pdhal wkt kmarin liat pameran ada yg twarin sirih anturium ga mau bli. krain sirih boong. ga tauny bner y, ada yg jnis itu… oh ya.. u tman2 , yg mau bli sirih… bsa … hub saya di no 0838.92980733… tks.

    sbenernya spesies sirih dan anthurium adalah beda. sebutan “sirih” untuk jenis anthurium hanya untuk kemudahan saja, semata karena bentuknya mirip.

  5. Siang mbak… sy mw tanya ada bibit superboom, reflexinervium, sama luxuriens?… no flexinya masih aktif mbak?… sy ga pernah berhasil telp ke flexi mbak… minta tolong dibalas by email ya mbak… sekaligus foto2nya… sama kalo ada anthurium yg unik… thanks🙂

    karena sekarang lagi fokus di bidang lain, jadi minta maaf kalau jawabnya lama ya pak, koleksi sih masih banyak hehehe…
    kalau bibitannya udah ga ada pak… adanya yang udah gedean.

    • malem ibu…..reflexinervium,superboom sama luxuriens kalo yang udah gedean berapa harganya?…kalo bisa sekalian photonya…..thanks🙂

  6. saya punya koleksi sirih, cuma mahuualll….10 daun mau 11…harga 20jt, siapa berminat?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: