Oleh: mariarina | Agustus 2, 2008

asal comot [jacp] 1

jacphari ini beberapa temen ngucapin slamat karena foto-foto taneman anthurium saya diterbitkan oleh sebuah tabloid agro. lah udah beberapa kali mereka begini, asal comot foto-foto dan artikel yang saya posting di forum anthurium dan blog, kemudian diterbitkan dengan sedikit perubahan tentunya… jadi ga’ heran… tanpa konfirmasi sama sekali. jangankan menulis sumber foto, menyebut pemilik taneman seringnya juga tidak. padahal sungguh, foto-foto itu saya ambil pake hape yang ketajamannya sangat elek, juga penulisan deskripsi yang serba terbatas, semampunya he.. he.. kok laku juga ya? heran!

untuk seseorang yang menyebut dirinya sebagai author, penulis, pengarang terlebih pada media komersil yang tidak gratis, untuk mendapatkannya publik harus membayar sejumlah uang, pastinya sudah selayaknya mereka memahami luar dalam [ngelotok] mengenai kode etik jurnalistik [apaan sih itu???].

kode etiksempat beberapa kali mengalami kejadian ga enak dan dirugikan secara langsung akibat tindakan asal comot ini. suatu saat sebuah tabloid lain memuat artikel yang sama, tetapi kebetulan mereka masih cukup “bermoral dan beritikat baik” dengan menuliskan nama saya sebagai pemilik taneman [walaupun penayangannya tanpa ijin juga sih]. kemudian ada beberapa calon pembaca yang berminat membeli datang ke kebun, tapi selanjutnya berakhir dengan kekecewaan karena tabloid menayangkan gambar anthurium disertai harga yang tidak sesuai. penulis [: pembajak] tidak teliti membaca mengenai spesifikasi tanaman yang pernah saya tulis sebelumnya. jadilah saya yang kena batunya, mereka calon pembeli protes kenapa yang ditulis tabloid tidak sesuai kenyataan, padahal sungguh saya tidak mengetahui tentang artikel tersebut dan bahkan tidak pernah menerima pemberitahuan sebelum ataupun sesudahnya.

copyscapejangan asal copy paste [jacp] merupakan suatu gerakan moral yang dicetuskan oleh JaF sebagai media pembelajaran bagi blogger untuk menghindari pembajakan materi milik pihak lain. untuk menelusuri apakah tulisan di blog kita telah dibajak seseorang, dapat digunakan mesin pencari di http://www.copyscape.com/.


Responses

  1. Itung-itung publikasi cuma-cuma mBak…

    iya bener pak… tuch tabloid tahu klo saya ga mungkin bayar kaliii…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: