Oleh: mariarina | November 10, 2008

hari pangan sedunia [penadaran, 21 nop 08]

berkenaan dengan hari pangan sedunia, dan ke depannya untuk menggairahkan kehidupan desa, maka bersama beberapa rekan pendamping masyarakat penadaran grobogan berencana menyelenggarakan peringatan hari pangan sedunia 2008 wilayah pantura jawa tengah di desa tersebut 21 nopember 2008.
telah setahun terakhir ini, rekan-rekan terjun ke desa penadaran dan melakukan penampingan [dalam banyak aspek] kepada penduduk desa setempat.

tugu desa rumah penduduk
tugu-desa rumah-penduduk



sekilas masyarakat penadaran

pertanian [yang dikelola ala kadarnya] merupakan penggerak utama perekonomian desa [awalnya dulu titik berat pendapatan pada hasil hutan]. sementara akibat rendahnya perekonomian, kaum muda kemudian banyak merantau menjadi tki.
di sektor pertanian pembinaan pada proses penanaman sudah mulai terlihat hasilnya, volume hasil panen meningkat tajam. rendahnya pengetahuan harga menjadi sasaran empuk para tengkulak dalam mempermainkan harga. kegiatan sosialisasi mengenai harga yang benar diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf pendapatan. selain membantu menampung hasil pertanian sekaligus juga memberikan pengetahuan jalur penjualannya. sebagai contoh, untuk komoditas jagung ditunjukkan beberapa kemungkinan penjualan misal ke pabrik pakan ternak.
berkaitan dengan kegiatan tersebut, ujung2nya di 1 pihak masyarakat setempat bergembira dengan peningkatan perolehan pendapatan, tetapi tidak sedikit pihak yang jengah karena tidak dapat lg membeli hasil pertanian dengan harga suka-suka.

masyarakat setempat mempunyai banyak kebiasaan unik [& beberapa kami rasakan sebagai merugikan], di antaranya adalah budaya memberikan sumbangan kepada tetangga/kerabat yang mempunyai hajat kerja dimana satu keluarga tidak hanya menyumbangkan sebuah amplop sumbangan, tetapi sejumlah anggota keluarga. dalam 1 tahun jumlah sumbangan yang dikeluarkan oleh 1 kk berkisar rp. 2,5jt. suatu jumlah yang sangat berharga dibanding tingkat kehidupan mereka.
sektor lain yang disentuh oleh rekan-rekan adalah mengenai peran perempuan. sebelumnya kaum hawa tidak pernah terjun membantu suami mereka di kebun, tetapi setelah melihat rekan-rekan sesama perempuan terjun ke ladang, mereka kemudian tidak malu lagi bertani di saat tidak sedang berkegiatan.

bocah penadaran rencana pemadatan jalan
bocah-desa pemadatan-jalan


gua maria sendang wadon [sumber air desa]
gua-maria-jg sendang-wadon


berbekal semangat bandung bondowoso, mengingat pendeknya waktu [dan dana yang sungguh sangat terbatas], segera dilakukan perencanaan dan proses persiapan, diantaranya melalui peningkatan fisik lokasi dengan memanfaatkan ketersediaan bahan-bahan alam yang pengerjaannya dilakukan secara swadaya masyarakat disela-sela kesibukan bertani mereka. sempat terheran-heran melihat semangat dan kecepatan kerja mereka…. wuiiiich, tidak bisa membayangkan itu bisa terjadi di perkotaan, bahkan dalam hitungan 10% nya saja.

JALAN SETAPAK
before after
jalan-setapak-b jalan-setapak-b2 jalan-setapak-a


SITE
before after
lokasi-gua-b lokasi-gua-a


JEMBATAN
before after
jemb jembatan-b jembatan-a


bersamaan dengan itu, akan dilakukan penanaman 11.500 [+12.500] pohon tanaman produktif [6.500 pohon sumbangan dari yayasan marsudirini], seperti mangga, jambu air, belimbing, kelapa kopyor, sukun, dll. guna memberikan pemahaman akan pentingnya kelestarian alam sejak dini maka penanaman pohon akan melibatkan murid-murid dari beberapa sekolah dasar di grobogan dan semarang. [kerusakan alam, global warming merupakan ancaman pemusnahan bumi terbesar lebih dari perang].
acara akan terpusat di sebuah lokasi di puncak perbukitan. untuk mencapainya, harus terlebih berjalan kaki sekitar 750m dari tempat terdekat parkir mobil.
acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh: direktorat jendral kehutanan; uskup agung semarang mgr. ignatius suharyo, pr; kepala daerah tingkat 2 grobogan.

kebun jagung gubuk rehat
kebun-jagung gubuk-rehat


rencana ke depan, pembenahan dilakukan secara bertahap di lokasi peringatan dan diharapkan dapat menjadi salah satu tujuan wisata ziarah agro. sebagai wisata ziarah karena telah terdapat gua maria lengkap dengan sarana perhentian jalan salib [via dolorosa] meskipun saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. sementara pohon buah yang sudah ada atau akan ditanam disepakati nantinya diperuntukkan bagi pengunjung. pengunjung bebas menikmati buah-buahan secara gratis makan di tempat.


Responses

  1. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

    salam kembali…

  2. saya sebagai salah satu pemuda penadaran yang dimana bukan dari umat katolik, saya ucapkan terima kasih jika dari kegiatan ini bisa bermanfaat secara umum untuk desa saya tercinta penadaran…

    terimakasih jg…
    infonya skrg wisata ziarahnya sudah mulai berjalan ya… mudah2an membawa berkat bagi masyarakat penadaran… amien.

  3. Dear Mbak Maria Rina

    Terimakasih atas liputannya, saya merasa senang karena ini desa saya yang telah lama saya tinggalkan. Semoga kasih Tuhan selalu menyertai perjuangan mbak mbak dan bapak bapak semua. Salam kenal dari saya. Jika tidak keberatan alangkah senangnya kalu aku bisa berkomunikasi walupun di dunia maya.

    Bagiyo.

    salam… senang jg bs berkenalan dg bapak yg asli penadaran.
    saya hanya menyertai beberapa waktu lalu… msh ada bbrp teman yang sampai saat ini berjuang utk kemajuan bersama di desa penadaran….
    semoga bisa membawa berkat bagi seluruh masyarakat penadaran. GBU.

  4. wah penadaran tuh emang indah…
    (yo mestilah aku kan asli Kono)
    hahahaha…

    ooh ya??? waaach senang skali!
    bsk hari minggu, kami ber 6 akan kesana jg… GBU.

    waa… gag bisa ikut
    minggu udah balik semarang… hehe

    yiaaah…

  5. pak, alamat lengkap tempat ziarahnya itu di daerah mana karena saya tertarik?

    tepatnya di desa penadaran, kecamatan gubug, kabupaten grobogan.
    kalau dr semarang jalan ke arah purwodadi. sesampai di kec gubug ada bundaran gubug maju saja sekitar 300m ke arah purwodadi.
    setelah melewati jembatan besar, belok kanan [jalan aspal mix beton] sekitar 7km. penadaran berada di ujung penghabisan jalan tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: